KWT PADUAN RAJAWALI

Apa Tujuan dibentuknya Kelompok Wanita Tani (KWT) ? mungkin inilah pertanyaan yang sering ditanyakan masyarakat ketika mendengar istilah KWT.

Pada kesempatan ini kami akan memberikan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Kelompok Wanita Tani (KWT) dibentuk sebagai upaya pelibatan kaum perempuan secara langsung dalam usaha-usaha peningkatan hasil pertanian, seperti menjadi bagian dari motivator dalam adopsi dan pengenalan teknologi tani.

 

Peran ganda wanita tani ini sangat strategis dalam peningkatan produktivitas usaha tani dan berpotensi untuk meningkatkan pendapatan dan ketahanan pangan menuju kesejahteraan rumah tangga petani di pedesaan. Sebagaimana beberapa hasil penelitian yang menyimpukan beberapa hal, yaitu:

  1. Wanita tani berpeluang dan mampu berperan sebagai mitra kerja penyuluh dalam proses alih teknologi pertanian di pedesaan
  2. Meningkatnya peran dan produktivas wanita tani sebagai pengurus rumah tangga dan tenaga kerja pencari nafkah (tambahan maupun utama), juga berhubungan erat dengan perannya sebagai pelaku usaha dalam upaya peningkatan pendapatan dan pemenuhan kebutuhan pangan keluarga, menuju pencapaian ketahanan pangan dan kesejahteraan rumah tangga.
  3. Pembinaan wanita tani perlu ditingkatkan dan diberdayakan sebagai receiving system untuk mempercepat proses penyerapan teknologi oleh wanita tani.
  4. Perlu strategi perlindungan terhadap tenaga kerja wanita, meningkatkan efektivitas penyuluhan dan pelatihan, perbaikan regulasi, fasilitas, upah, dan kesempatan kerja agar berimbang antarjender, sebagai insentif dan keberpihakan terhadap wanita tani di pedesaan.
  5. Perlu kaji tindak dan revitalisasi mekanisme kerja penyuluhan untuk lebih melibatkan wanita tani dalam mempercepat adopsi eknologi.

KWT Paduan Rajawali adalah KWT yang terbilang masih sangat minim dengan pengalaman karena masih baru, tetapi kami bertekad untuk terus berusaha dan belajar dengan semangat kebersamaan. Wanita yang tergabung dalam Kelompok Tani ini adaalh wanita yang siap untuk didik oleh PPL dari Kecamatan Meraksa Aji, walaupun kami memiliki kesibukan dalam urusan rumah tangga kami, tetapi kami selalu meluangkan waktu untuk melakukan pertemuan dan mempraktekan hasil belajar kami.

 

Terima kasih sudah mengungjungi blog kami.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan