Penyerahan Bansos Rastra Kampung Paduan Rajawali

Kepala Kampung Paduan Rajawali (Heriyantoni) Turut serta menyerahkan Bansos Rastra Kepada Salah Satu Warganya
Para Penerima Manfaat (RTM) Sedang Menunggu Antrian Penyerahan Bansos Rastra. Doc/Ristiyono

Paduan Rajawali: Mulai Januari 2018, program Subsidi Beras (Rastra) berubah menjadi program Bantuan Sosial Rastra (Bansos Rastra) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Kenapa diubah? Pemerintah ingin program ini tepat sasaran dan mudah di kontrol.

Kebijakan tersebut sesuai arahan Presiden Joko Widodo bahwa setiap bantuan sosial dan subsidi disalurkan secara non-tunai dan menggunakan sistem perbankan untuk kemudahan mengontrol, memantau, dan mengurangi penyimpangan.

Penggunaan sistem perbankan dengan memanfaatkan keuangan digital dimaksudkan untuk memperluas keuangan inklusif. Penggunaan beragam kartu dalam menyalurkan dana bansos agar dapat diintegrasikan dalam satu kartu.

Bansos Rastra dan BPNT diharapkan mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi seimbang kepada keluarga penerima manfaat (KPM) secara tepat sasaran dan tepat waktu.

Penyerahan Beras Bansos Rastra Oleh Kaur Pemerintahan (Deni Nopriyadi). doc. Ristiyono

Pada hari Kamis, 01/02/2018 di Balai Kampung Paduan Rajawali segenap Jajaran Perangkat Kampung menyerahkan Beras Bansos Rastra Kepada yang benar – benar behak menerimanya yaitu sejumlah 117 RTM, Setiap RTM (Rumah Tangga Miskin mendapatkan 10Kg Beras.

Subsidi Rastra yang sudah berjalan selama 19 tahun berubah menjadi Bansos Rastra. Jika sebelumnya penerima rastra harus membayar harga tebus Rp1.600 per kilogram, mulai tahun ini tidak ada kewajiban membayar karena biaya itu ditanggung pemerintah daerah.

Kepala Kampung Paduan Rajawali (Heriyantoni) Turut serta menyerahkan Bansos Rastra Kepada Salah Satu Warganya. Doc/Ristiyono

Bapak Kepala Kampung Paduan Rajawali (HERIYANTONI) terjun langsung mengawal penyerahan Beras Rastra di bantu segenap jajaran aparatur Kampung. Salah satu warga/RTM penerima Beras Bansos Rastra (Sadiman/32) mengutarakan kebahagiannya atas bansos Rastra tersebut, karena tahun ini tidak ada penebusan seperti tahun sebelumnya, walaupun hanya mndapatkan 10Kg beras ini sangat membantu keluarga saya.

Kepala Kampung Paduan Rajawali (Heriyantoni) Juga menyampaikan kedepan para penerima Bansos Rastra akan Mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang multi fungsi, yaitu sebagai e-wallet yang dapat menyimpan data penyaluran bantuan pangan serta berfungsi sebagai kartu tabungan. Dengan sistem ini, BPNT akan langsung disalurkan ke rekening penerima manfaat. KPM bebas membeli beras berkualitas dan mendapatkan beras segar dari petani. KPM memiliki kebebasan membeli bahan pangan yang dibutuhkan, selain beras (telur, minyak goreng, gula, bawang, daging)

BPNT merupakan bantuan pangan dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulan melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong KUBE PKH, Rumah Pangan Kita, atau pedagang bahan pangan yang bekerja sama dengan Bulog dan Bank Himbara.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan