Diklat Pendamping PKH Secara Online

paduanrajawali.desa.id. 08/01/2019 Balai Kampung Paduan Rajawali digunakan untuk Diklat Pendamping PKH (Program Keluarga Harapan) secara online untuk 4 Kecamatan (Kecamatan Meraksa Aji, Gedung Aji, Penawar Aji dan Rawa Pitu). Kecamatan Meraksa Aji 2 Orang, Gedung 2 Orang, Penawar Aji 3 Orang, Rawa Pitu 5 Orang, menurut Pendamping PKH Kecamatan Meraksa Aji (Rohman, S.Pd.I) Kegiatan ini merupakan salah satu yang harus di lakukan oleh Seluruh Pendamping PKH Yaitu Diklat Pendamping PKH Entri dan Diklat FDS/P2K2.

Diklat Pendamping PKH atau dikenal dengan nama Diklat Entry PKH. Diklat ini bertujuan untuk membekali atau meningkatkan keterampilan para Pendamping PKH dalam memfasilitasi dan memastikan bahwa para Penerima Manfaat menjalankan kewajibannya terkait dengan proses PKH.

Operator (Sugiono) sedang memberikan bimbingan. Dok. Rohman

Diklat Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga disingkat P2K2 atau dikenal dengan nama lain Family Development Session disingkat FDS merupakan Diklat Teknis yang ditujukan bagi Pendamping PKH dalam rangka meningkatkan kemampuan para pendamping PKH dalam memfasilitasi dan mengubah perilaku para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam memanfaatkan bantuan PKH yang diberikan oleh Kementerian Sosial RI. Penyusunan Modul Diklat P2K2/FDS ini dimulai sejak 2012 kerjasama Bank Dunia dan Word Bank. Modul ini merupakan hasil kompilasi berbagai penelitian yang sudah dilakukan, dan observasi hasil kunjungan lapangan serta uji coba di lapangan. Pada awalnya Diklat ini hanya terdiri dari 4 Modul yaitu: 1) Modul Pengasuhan dan Perlindunggan Anak; 2) Modul Pengelolaan dan Perencanaan Usaha, 3) Modul Kesehatan dan Gizi, dan Perlindungan Anak, ditambah PBL. Pada tahun 2014 TOT dan Diklat P2K2 /FDS mulai dilaksanakan di Pusdiklat Kesejahteraan Sosial secara klasikal dengan komposisi Jam Pelatihan seluruhnya TOT sebanyak 155 JP dan Diklat 145 JP 45 menit atau 15 hari 10 JP per hari. Pada tahun 2014 diadakan revisi Modul Perlindungan Anak oleh Pusdiklat Kesejahteraan Sosial karena modulnya kurang aplikatif.

Para Peserta Diklat Sedang Asyik membaca Materi Diklat. Dok Rohman

Pada tahun 2016 diadakan penambahan Modul P2K2 dan FDS PKH oleh Pusdiklat Kesejahteraan Sosial yaitu Modul Kesejahteraan Sosial yang terdiri dari 2 Sesi yaitu 1) Pelayanan bagi Penyandang Disabiliatas Berat dan 2) Pelayanan Kesejahteraan Sosial bagi Lanjut Usia. Mulai pada tahun 2017, Pusdiklat Kesejahteraan Sosial mulai menerapkan Metoda e-learning secara blended melalui Daring dan Luring dengan jumlah TOT 170 JP dan Diklat 165 JP. Diklat P2K2 / FDS dilaksanakan selama 22 hari, dengan komposis Daring (40 %, 10 hari) dan Luring (60 %, 12 hari). Pada tahun 2019 terjadi komposisi Jam Pelatihan menjadi Daring (51,52 %, 11 hari) dan Luring (48,48 %, 10 hari). Direncanakan untuk tahun 2019 jumlah sasaran peserta (Pendamping PKH) sebanyak + 21.900 orang. Untuk pelaksanaan Diklat P2K2/FDS secara elearning akan dilakukan secara bertahap. Untuk proses pembelajaran Daring akan dilaksanakan secara serentak untuk 21.900 orang peserta yang dilakukan selama dalam sebulan.

Kegiatan ini lakukan menggunakan jaringan wifi Kampung Paduan Rajawali, tapi sangat di sayangkan, di hari pertama ini Aplikasi mengalami gangguan, sehingga proses diklat pertama ini tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan