Kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemapuan Keluarga (P2K2) Program Keluarga Harapan (PKH) Kampung Paduan Rajawali Melibatkan KKN UNILA

paduanrajawali.desa.id, 06/01/2020. Pendamping PKH sekaligus Koordinator PKH tingkat Kecamatan Meraksa Aji (Rohman) Mengadakan Pendampingan dalam Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) di Kampung Paduan Rajawali. Kegiatan dilaksanakan di Balai Kampung, dalam Kegiatan tersebut juga turut serta Mahasiswa KKN UNILA yang di tugaskan di Kampung Paduan Rajawali. KPM PKH yang mengikuti kegiatan ini berjumlah sekitar 70 Orang Ibu-ibu dan 5 Orang Bapak – bapak.

Pendamping PKH (Rohman) sedang meyampaikan Kebijakan PKH Tahun 2020. Dok. Kampung

sebelum kegiatan ini dimulai, pendamping menyampaikan beberapa hal, diantaranya terkait kebijakan Program Keluarga Harapan untuk tahun 2020, sesuai dengan surat dari Kementrian Sosial Republik Indonesia Nomor 2354/3.4/85.02.01/11/2019 tertanggal 29 November 2019 tentang Pemberitahuan Perubahan Kebijakan PKH Tentang Kategori PKH bahwasannya mulai tahun 2020 Perhitungan kategori PKH untuk bantuan menjadi : Lansia yang semula usia 60 Tahun Keatas berubah menjadi mulai usia 70 Tahun ke atas, perhitungan bantuan sosial untuk kategori lansia 1 (satu) lansia di dalam keluarga PKH, dan perhitungan bantuan sosial untuk kategori ibu hamil dibatasi maksimal kehamilan ke 2. selain itu pendamping PKH menyampaikan sosialisasi tentang penempelan Stiker di Rumah KPM PKH dalam waktu dekat ini.

Mahasiswa KKN UNILA turut serta dalam kegiatan P2K2. Dok. Kampung

Mulai tahun ini 2020 Kegiatan P2K2 akan dilaksanakan sebulan sekali, dan KPM PKH wajib hadir mengikuti kegiatan ini, bagi yang tidak hadir maka dianggap tidak komitmen sebagai peserta PKH dan akan mendapat sangsi bantuannya akan ditangguhkan Papar Pendamping PKH. Materi yang disampaikan di Pertemuan ini yaitu Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak Sesi Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik.

Pendamping PKH (Rohman) Sedang Mengajak Melakukan Permainan yang Berkaitan dengan Materi. Dok. Kampung
Modul Pengasuhan dan Pendidikan Anak ini bertujuan untuk : Membangun kesadaran peserta mengenai pentingnya peran mereka sebagai orangtua dan pengaruh mereka terhadap tumbuh kembang anak, Membangun kesadaran untuk menggunakan pola pengasuhan yang lebih positif.
Pengasuhan anak tidak semata-mata tanggung jawab ibu. Ayah dan ibu memiliki tanggung jawab yang sama meskipun menjalankan peran yang berbeda.
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan