Musyawarah Penetapan SDGs Desa Tahun 2022 Kampung Paduan Rajawali

  • Sep 06, 2022
  • webadmin-1805262002
  • KEGIATAN

paduanrajawali.desa.id | Sabtu, 06 Agustus 2022  Pemerintah Kampung Paduan Rajawali Kecamatan Meraksa Aji telah mengadakan Musyawarah Kampung  Penetapan SDGs Desa, di Balai Kampung Paduan Rajawali pada pukul 09.00.    Kegiatan  ini  diselengggarakan  oleh  BPK   yang  dipimpin  langsung oleh  Ketua BPK  Kampung Paduan Rajawali.

Kegiatan  Musyawarah  dihadiri oleh   Pendamping Desa (Rema Suci Atiana dan Risky Eko Astafa), Perangkat Kampung Paduan Rajawali, PKK, Linmas LPMK, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama.

Musyawarah Kampung ini  membahas tentang  Penetapan Hasil Update Survey SDGs Kampung Paduan Rajawali 2021 yang sudah di input melalui https://dashboard-sdgs.kemendesa.go.id/  evaluasi dan pembahasan pencapaian SDGs Desa Tahun 2022, dan penetapan SDGs Desa menjadi dasar RKPKam Tahun berikutnya.   

Kegiatan penginputan melalui https://dashboard-sdgs.kemendesa.go.id/  di mulai 12 April 2022 s.d 30 Juli 2022 dengan melalukan penginputan 1 Data Desa, 21 Data RT, 728 Data Keluarga dan 2424 Data Individu. 

SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Dalam bahasa kerennya Sustainable Development Goals disingkat SDGs. SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2023.

Tujuan dan sasaran SDGs Desa  mengutip dari Permendesa 13/2020  setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu:

  1. Desa tanpa kemiskinan
  2. Desa tanpa kelaparan
  3. Desa sehat dan sejahtera
  4. Pendidikan desa berkualitas
  5. Desa berkesetaraan gender
  6. Desa layak air bersih dan sanitasi
  7. Desa yang berenergi bersih dan terbarukan
  8. Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa
  9. Inovasi dan infrastruktur desa
  10. Desa tanpa kesenjangan
  11. Kawasan pemukiman desa berkelanjutan
  12. Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan
  13. Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa
  14. Ekosistem laut desa
  15. Ekosistem daratan desa
  16. Desa damai dan berkeadilan
  17. Kemitraan untuk pembangunan desa
  18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adapti                                 

Setelah dilakukan pembahasan terhadap materi, selanjutnya seluruh peserta musyawarah mesepakati Hasil pemutahiran data SDGs menjadi acuan dalam Musdes RKP selanjutnya.

Penulis Rohman, S.Pd.I